Minggu, 16 Maret 2014

WEBSITE TIKI VS WEBSITE JNE

JNE(Tiki Jalur Nugraha Ekakurir)

Tampilan Website JNE:


Sekilas Tentang JNE :
JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia. 

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang jasa kurir internasional.

JNE memiliki website resmi yang dapat diakses melalui alamat http://www.jne.co.id
Dalam pembahasan kali ini, akan dianalisis apa saja kelebihan maupun kelemahan yang terdapat pada website JNE.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki pada website JNE :
  1. Fasilitas trace dan tracking yang merupakan fitur unggulan website jne, dimana pelanggan dapat melacak pengiriman barang dengan menginputkan nomor resi pengiriman atau nomor Airwaybill (AWB). Dengan adanya fitur ini perusahaan menyajikan informasi pengiriman barang sehingga pelanggan dapat mengetahui kapan pengiriman tersebut dapat sampai ke tempat mereka.
  2. JNE menyediakan fasilitas testimoni dimana pelanggannya boleh menyalurkan pendapat, kritik maupun saran sehingga JNE dapat memantau tingkat kepuasan pelanggan atas jasa pengirimannya dan meningkatkan kinerja kerja mereka. Fitur ini tidak tersedia pada website tiki.
  3. Berbeda dengan Tiki, JNE menyediakan informasi baik berita maupun promo yang dapat secara langsung diakses oleh pelanggan tanpa harus melalui media telepon dan sebagainya.
Kelemahan-kelemahan yang terdapat pada website JNE :
  1. Website JNE tidak menyediakan informasi umum tentang perusahaan mereka. Informasi umum tersebut adalah berupa history atau sejarah berdirinya perusahaan JNE. History atau sejarah merupakan hal yang cukup penting dimana perusahaan menceritakan sekilas tentang review perusahaannya kepada pelanggan mereka. Dalam hal ini lebih mendekatkan diri kepada pelanggan untuk mengenal perusahaan mereka.
  2. Walau pun website JNE menyediakan fitur pengecekkan biaya pengiriman, namun terdapat kekurangan dalam hal kemudahan dan kenyaman dimana pelanggan diharuskan mengisi “Captcha” sebelum proses pengecekkan tersebut dilakukan. Selain itu pengisian form berupa “FROM” dan “TO” tidak boleh diketikkan secara langsung. Ketika pelanggan mengisi nama kota akan muncul pilihan kota yang diharapkan, namun apabila pilihan tersebut tidak dipilih maka proses pengecekkan biaya tersebut dianggap tidak valid karena pengisian form tersebut tidak tepat.
  3. Website JNE tidak menyediakan fasilitas member atau registrasi member website. Member merupakan hal yang cukup penting dimana member tersebut memberikan informasi maupun data tentang pelanggan kepada perusahaan. Dalam hal ini perusahaan dapat memberikan promo khusus bagi member website yang dapat menarik antusias pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman mereka.
  4. JNE tidak menyediakan FAQ (Frequently Ask Questions). FAQ berisi daftar pertanyaan umum yang memudahkan pelanggan dalam memecahkan pemasalahan atau persoalan yang sering dialami pelanggan.

TIKI (TITIPAN KILAT)   

Tampilan Website Tiki :


Sekilas tentang TIKI :
PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. TIKI didirikan dengan akte notaris Soetrono Prawiroatmodjo no 63, pada tanggal 30 September 1970 di Jakarta. Dengan pendiri dan pemegang saham Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto. Pada periode tersebut hingga awal tahun 1972, lingkup usaha TIKI hanya menjangkau kota Pangkal Pinang, Semarang dan Surabaya dengan jumlah personil dan armada yang sangat terbatas.

Pada tahun 1972 dilakukan perubahan manajemen melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang terdiri dari Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra dan Raphael Rusmadi. yang pada kelanjutannya, turut menjadi pemegang saham dalam kelompok usaha TIKI. Dengan adanya perubahan manajemen dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, kegiatan TIKI berkembang pesat dan secara bertahap mulai dibentuk cabang-cabang utama di ibukota provinsi. Hanya dalam periode satu setengah tahun, TIKI sudah tersebar menjangkau dan melayani seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara. Saat ini TIKI dapat dijumpai dilebih dari 240 pusat layanan yang mampu menjangkau daerah tujuan di hampir seluruh wilayah Indonesia dan tujuan mancanegara.

Website resmi TIKI dapat diakses melalui alamat http://www.tiki-online.com
Dalam pembahasan ini, akan dianalisis juga kelebihan dan kelemahan yang dimiliki pada website TIKI.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki pada website TIKI :
  1. Selain JNE, TIKI juga menyediakan fitur tracking pengiriman pada websitenya. Berbeda dengan JNE, TIKI memiliki kelebihan yaitu berupa single tracking dan multiple tracking. TIKI menyediakan dua pilihan dimana apabila pelanggan ingin mengecekkan satu nomor resi pengiriman atau yang disebut dengan connote dapat memilih pilihan single tracking. Sedangkan multiple tracking merupakan pilihan bagi pelanggan yang ingin melacak pengiriman dua nomor resi sekaligus. 
  2. Proses pengecekkan biaya pengiriman juga lebih mudah disbanding dengan website JNE dimana pelanggan hanya perlu mengisi form yang disediakan dan apabila data yang dimasukkan tidak valid akan muncul pernyataan bahwa penginputan tidak valid. Apabila input tersebut valid maka perhitungan biaya pengiriman tersebut akan disajikan pada website tersebut.
Kelemahan-kelemahan yang terdapat pada website TIKI :
  1. Website Tiki tidak menyediakan fasilitas testimoni dimana dalam testimoni tersebut berisi pendapat-pendapat pelanggan tentang jasa pengiriman TIKI. Hal ini perlu untuk melihat bagaimana kondisi dan meyakini bahwa jasa pengirimannya dapat dipercaya dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggannya.
  2. Website Tiki tidak menyediakan informasi new atau promo seperti yang terdapat pada website JNE. Hal ini penting untuk penyebaran informasi secara cepat melalui media website.


6 komentar:

  1. SMUA TRGNTNG AGENNYA MSG2 BRO...CR ORG BNR ZMN SKR SSH..AGENNY LGS STOR APA GAK BRGNY K PST APA DIA NAHAN BRG ORG DL AMPE BYK BR D STOR.....kdg ada jg agen itu yg nuker (maling) brg kita ama brg yg laen.....MNRT ANE, KITA HRS TAU DL SISTEM KRJ MRK BR KITA BERKOMENTAR BRO......

    SY BK AGEN TIKI SDH 10TH D BINTARA JAYA TP SLAMA INI GA PRNH ADA MSLH......ATI2 PILIH AGEN ZMN LG SSH BEGINI

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak, artikelnya saya jadikan referensi :)

    BalasHapus
  3. Titanium Properties | Top Hat Careers | TITIAN ART
    TINY PRODUCTS. The TINY PRODUCTS titanium trim hair cutter are not titanium wallet unique. They are based in titanium hair straightener T.C. and are a apple watch series 6 titanium relatively new product made sunscreen with zinc oxide and titanium dioxide from titanium steel.

    BalasHapus