Senin, 07 April 2014

PERILAKU KONSUMEN, RISET PASAR DAN PERIKLANAN

  1. Apakah kita telah memahami konsumen kita? 

    Sangat penting bagi suatu perusahaan atau organisasi dalam memahami konsumennya. Terlebih perusahaan memiliki berbagai ragam konsumen dengan perilaku yang berbeda-beda. Ada yang ingin atau tertarik dengan penawaran perusahaan dan ada yang menuntut penawaran yang lebih baik. Hal ini tentu saja menuntut perusahaan untuk dapat memahami konsumen secara baik salah satunya dengan memahami tingkat kepuasan pelanggan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah berupa testimoni maupun kritik dan saran. Dengan adanya testimoni tersebut perusahaan mendapatkan feetback dari konsumen dan memahami seberapa besar kepuasan konsumen yang telah dicapai oleh perusahaan.Selain itu perusahaan harus dapat menjaga loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Hal ini penting karena konsumen merupakan komponen penting dalam suksesnya bisnis e-commerce suatu perusahaan. Apabila konsumen tidak puas dengan pelayanan perusahaan ataupun berkurangnya kepercayaan konsumen terhadap perusahaan maka konsumen dapat langsung mencari perusahaan lain. Hal ini tentu saja merugikan perusahaan terutama bila konsumen tersebut rutin melakukan transaksi dengan perusahaan.

  2. Siapa yang akan melakukan riset pasar?

    Suatu perusahaan atau organisasi perlu melakukan suatu riset pasar sebelum menerapkan e-business dalam aktivitas bisnis mereka. Riset pasar sangat penting dalam pencarian informasi tentang konsumen, pangsa pasar maupun strategi pemasaran perusahaan pesaing. Riset pasar ditujukan bagi pihak manajemen dalam menemukan solusi pemecahan atas suatu masalah dalam perusahaan khususnya dibidang pemasaran. Hasil dari riset pasar tersebut akan digunakan sebagai perumusan strategi pemasaran bagi perusahaan dalam merebut pangsa pasar dan sebagai strategi dalam bersaing dengan perusahaan pesaing.

  3. Dapatkah kita menerapkan metode pemasaran B2C dan riset pada B2B?

    B2B dan B2C mempunyai beberapa perbedaan dalam hal strategi yang diterapkan. B2B lebih memfokuskan diri pada hubungan dengan perusahaan lain yang berbeda dengan B2C dimana hubungan tersebut terjadi antara perusahaan dengan konsumen langsung. Untuk itu perlu dilakukan suatu riset untuk menganalisa dan mencari informasi yang dapat menunjang keputusan manajerial perusahaan. Dalam hal ini riset bertujuan untuk menciptakan suatu strategi pemasaran atau bisnis yang efektif terhadap bisnis mereka. Strategi tersebut diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan perusahaan lain baik dalam hal pelayanan maupun penyediaan produk dan jasa. Selain itu riset dapat dimanfaatkan sebagai perbandingan ataupun evaluasi produk maupun harga dengan perusahaan pesaing. Sehingga suatu riset merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam penentuan langkah strategis perusahaan kedepannya.
     
  4. Bagaimana menentukan tempat periklanan?

    Dalam menentukan advertising pada internet, perlu diperhatikan pertimbangan-pertimbangan penting sebelum perusahaan akan memasang iklan pada internet. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain tujuan dari advertising tersebut maupun sasaran advertising. Bentuk iklan yang akan diterapkan perusahaan agar iklan tersebut dapat efektif dalam memberikan informasi ataupun penawaran yang menarik. Anggaran perlu dipertimbangkan juga mengingat perusahaan perlu membayar biaya iklan terlebih apabila biaya iklan yang digunakan perusahaan pay-per-klik agar pengeluaran perusahaan dapat sesuai dengan anggaran yang ditetapkan perusahaan.

    Dalam penentuan lokasi iklan, perusahaan dapat meletakkan iklan perusahaan pada website yang sering dikunjungi. Semakin banyak visitor yang mengunjungi website tersebut maka semakin besar kemungkinan advertising perusahaan akan diklik oleh konsumen. Pemanfaatan media jejaring sosial dan forum dalam melakukan advertising juga sangat strategis. Perkembangan jejaring sosial dan forum sudah mulai berkembang dan sebagian besar konsumen kita memiliki akun dalam jejaring sosial seperti facebook dan lain-lain. Advertising pada internet lebih efektif dan murah. Dimana sasaran atau target dari advertising tidak terbatas dan lokasi tidak menjadi hambatan dalam melakukan advertising.


    Contoh Iklan pada Website

  5. Apa masalah etika yang harus kita pertimbangkan?

    Sebelum perusahaa atau organisasi menjalankan usaha e-commerce, perusahaan atau organisasi harus dapat mempertimbangkan masalah-masalah penting berikut ini:
    • Cara perusahaan memanfaatkan interkonektivitas Web dan peluang yang diciptakan untuk mentransformasi hubungan dengan pemasok dan vendornya, pelanggannya, dan pihak-pihak eksternal terkait lainnya merupakan hal yang sangat penting bagi keberhasilnya.
    • Keberhasilan Web menuntut perusahaan untuk mengembangkan rencana yang mengintegrasikan Web ke dalam seluruh strateginya. Rencana tersebut harus menyoroti permasalahan seperti desain dan pemeliharaan situs, penciptaan dan pengelolaan nama merk, strategi pemasaran dan promosi, penjualan, serta pelayanan kepada pelanggan.
    • Mengembangkan hubungan yang mendalam dan jangka panjang dengan pelanggan menjadi sangat penting dalam Web. Menarik pelanggan ke Web memerlukan biaya, dan perusahaan harus mampu mempertahankan pelanggan online mereka agar situs mendatangkan laba.
    • Membangun eksistensi yang bermakna di dunia Web membutuhkan inventasi sumber daya, waktu, uang, tenaga, dan bakat yang tiada henti. Membuat situs yang menarik dan dipenuhi dengan foto produk barulah permulaan.
    • Mengukur keberhasilan usaha penjualan berbasis Web sangat penting agar perusahaan bisa selalu menyesuaikan diri dengan selera, kebutuhan, dan preferensi pelanggan yang senantiasa berubah.

2 komentar: